Jelaskan tentang hukum newton 1

 on Selasa, 31 Maret 2015  

1. Hukum I Newton
Sebuah benda akan tetap diam jika tidak ada gaya yang bekerja padanya. Demikian pula sebuah benda akan tetap bergerak lurus beraturan (kecepatan benda tetap) jika gaya atau resultan gaya pada benda adalah nol. Pernyataan ini dirumuskan menjadi hukum I Newton yang berbunyi sebagai berikut.

Sebuah benda akan tetap diam atau tetap bergerak lurus beraturan jika tidak ada resultan gaya yang bekerja pada benda itu. Coba perhatikan gambar 2.7 di samping! Pada gambar 2.7 benda dalam keadaan diam karena gaya dorong, gaya gesek, gaya berat, gaya normal pada benda setimbang. Dengan kata lain, benda tersebut diam karena resultan gaya pada benda = 0.
Sebagai contoh, sebuah batu besar di lereng gunung akan tetap diam di tempatnya sampai ada gaya luar lain yang memindahkannya. Misalnya ada gaya tektonis/gempa atau gaya mesin dari buldoser. Demikian pula, bongkahan batu meteor di ruang angkasa akan terus bergerak selamanya dengan kecepatan tetap sampai ada gaya yang mengubah kecepatannya. Misalnya batu meteor itu bertumbukan dengan meteor lain.



Jadi, jika resultan dari gaya-gaya yang bekerja pada sebuah benda sama dengan nol (Σ F = 0) maka percepatan benda juga sama dengan nol (a = 0). Dengan demikian:

a. jika benda dalam keadaan diam maka benda akan tetap diam, atau
b. jika benda dalam keadaan bergerak lurus beraturan maka benda akan tetap bergerak lurus

 Σ F = 0 . . .
Keterangan:
Σ F : resultan gaya yang bekerja pada benda (N)

 Σ Fx = 0 dan Σ Fy = 0

beraturan. Benda akan selalu berusaha mempertahankan keadaan awal jika benda tidak dikenai gaya atau resultan gaya. Hal ini yang menyebabkan hukum I Newton disebut sebagai hukum kelembaman/ inersia (malas/inert untuk berubah dari keadaan awal). Dalam persamaan matematis, hukum I Newton adalah sebagai berikut



Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa jika Σ F = 0 maka benda tidak mengalami percepatan (a = 0). Jika digambarkan dalam koordinat kartesius, gaya-gaya yang bekerja pada benda diam atau bergerak lurus beraturan dapat kita lihat pada gambar 2.8.
Jelaskan tentang hukum newton 1 4.5 5 om Selasa, 31 Maret 2015 1. Hukum I Newton Sebuah benda akan tetap diam jika tidak ada gaya yang bekerja padanya. Demikian pula sebuah benda akan tetap bergerak lur...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.