jelaskan tentang komponen zat larutan ?

 on Minggu, 29 Maret 2015  

LARUTAN
Larutan adalah campuran homogen dua zat atau lebih yang saling melarutkan dan masing-masing zat penyusunnya tidak dapat dibedakan lagi secara fisik Larutan terdiri atas dua komponen, yaitu komponen zat terlarut dan pelarut.
  • Komponen dengan jumlah yang sedikit biasanya dinamakan zat terlarut.
  •  Pelarut adalah komponen yang jumlahnya lebih banyak atau yang strukturnya tidak berubah.
Contoh:
  • 25 gram garam dapur dalam 100 gram air; air disebut pelarut, sedangkan garam dapur (NaCl) sebagai zat terlarut.
  • Sirup (kadar gula 80 %); gula pasir merupakan komponen paling banyak daripada air akan tetapi gula dinyatakan sebagai zat terlarut dan air sebagai pelarut, sebab struktur air tidak berubah (wujud: cair), sedangkan gula berubah dari padat menjadi cairan.

Larutan dapat digolongkan berdasarkan:
  1. Wujud pelarutnya; yaitu terdiri atas larutan cair (contoh: larutan gula, larutan garam); larutan padat (contoh: emas 22 karat merupakan campuran homogen antara emas dan perak atau logam lain); larutan gas (contoh: udara).
  2.  Daya hantar listriknya; yaitu larutan elektrolit (dapat menhantarkan arus listrik) dan larutan non-elektrolit (tidak dapat menghantarkan arus listrik).

Tidak semua zat jika
dicampurkan ke dalam pelarut air dapat membentuk larutan. Garam dapur (NaCl) dan
asam asetat (CH3COOH) merupakan contoh zat yang dapat larut dalam air, tetapi lilin
tidak dapat larut dalam air. Suatu zat akan larut dalam air apabila
  •  Kekuatan gaya antarpartikel zat setara dengan gaya antarpartikel dalam pelarut air.
  • Zat mempunyai muatan yang sejenis dengan muatan pelarut air.Air merupakan senyawa kovalen polar, maka zat yang dapat larut dalam air adalah:
a. Senyawa ion, contoh NaCl, partikelnya terdiri atas ion posirif (Na+) dan ion negatif
(Cl–). Sedangkan air adalah senyawa kovalen polar yang partikelnya terdiri atas molekulmolekul H2O yang memiliki muatan parsial positif ( ) dan negatif ( ). Mekanisme pelarutan NaCl dalam H2O




Molekul H2O akan mengelilingi permukaan kristal NaCl. Muatan parsial positif ( ) dari molekul H2O akan tertarik ke ion Cl_ yang ada pada bagian luar kristal. Begitu juga dengan muatan parsial negatifnya ( ) akan tertarik ke ion Na+

b. Senyawa kovalen polar, contoh C2H5OH (etanol) dapat larut dalam air karena molekul-molekul C2H5OH dan air sama-sama memiliki muatan parsial positif dan negatif. Keduanya akan tertarik satu sama lain.

jelaskan tentang komponen zat larutan ? 4.5 5 om Minggu, 29 Maret 2015 LARUTAN Larutan adalah campuran homogen dua zat atau lebih yang saling melarutkan dan masing-masing zat penyusunnya tidak dapat dibedakan l...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.