Jelaskan Hukum kepler I,II,III?

 on Selasa, 31 Maret 2015  

Hukum gravitasi Newton juga dapat diterapkan pada gerak benda-benda angkasa. Sebelum masuk ke penerapan tersebut, kita pelajari terlebih dahulu tentang pergerakan benda-benda angkasa. Pergerakan benda-benda angkasa telah dipelajari oleh Johanes Kepler dan dinyatakan dalam hukum-hukum Kepler berikut.

a. Hukum I Kepler
Hukum I Kepler menyatakan sebagai berikut. Setiap planet bergerak pada lintasan berbentuk elips dengan matahari berada di salah satu fokus elips.

Hukum ini dapat men jelaskan lintasan planet yang berbentuk elips, namun belum dapat men jelaskan keduduk an planet terhadap matahari. Oleh karena itu, muncullah hukum II Kepler.



Hukum ini dapat men jelaskan lintasan planet yang berbentuk elips, namun belum dapat men jelaskan keduduk an planet terhadap matahari. Oleh karena itu, muncullah hukum II Kepler.

Hukum II Kepler
Hukum II Kepler menyatakan sebagai berikut. Suatu garis khayal yang meng - hubungkan matahari dengan planet menyapu luas juring yang sama dalam selang waktu yang sama.



Untuk lebih jelasnya perhati kan gambar 2.5 di samping! Anggap lah pada selang waktu Δt1, planet menempuh lintasan dari A ke A’, dan pada selang waktu Δt2 planet menempuh lintasan BB’. Jika Δt1 = Δt2 maka luas AMA’ sama dengan luas BMB’.


Apa konsekuensinya?
Konsekuensinya adalah ketika planet dekat dengan matahari, planet itu akan bergerak relatif cepat daripada ketika planet tersebut berada jauh dari matahari.c. Hukum III Kepler Hukum III Kepler menyatakan sebagai berikut. Perbandingan antara kuadrat waktu revolusi dengan pangkat tiga jarak rata-rata planet ke matahari adalah sama untuk semua planet. Hukum III Kepler dapat dirumuskan seperti di bawah ini.











Bagaimana kesesuaian hukum-hukum Kepler dengan hukum Newton? Untuk men jelaskan hal ini kita dapat melakukan pendekatan bahwa orbit planet adalah lingkaran dan matahari terletak pada pusatnya. Perhatikan gambar 2.6 di samping! Sebagaimana telah kita bahas di depan bahwa gaya tarikmenarik antara planet dengan matahari dapat kita tuliskan sebagai:



Karena planet bergerak dalam lintasan lingkaran maka planet akan mengalami gaya sentripetal yang besarnya adalah:Karena planet bergerak dalam lintasan lingkaran maka planet akan mengalami gaya sentripetal yang besarnya adalah:





dalam hal ini k = .
Berdasarkan uraian di atas, dapat kita ketahui bahwa ternyata hukum gravitasi Newton memiliki kesesuaian dengan tata edar planet seperti yang dirumuskan oleh hukum Kepler.
Jelaskan Hukum kepler I,II,III? 4.5 5 om Selasa, 31 Maret 2015 Hukum gravitasi Newton juga dapat diterapkan pada gerak benda-benda angkasa. Sebelum masuk ke penerapan tersebut, kita pelajari terlebih dah...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.